Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.” [ITB] Yesaya 48:17

Setiap orang dalam kehidupan ini pasti ingin menghasilkan manfaat atau berfaedah. Pasangan suami istri ingin memiliki buah hati atau keturunan; seorang pengusaha ingin bisnis-nya menguntungkan; seorang karyawan ingin bermanfaat bagi perusahaannya hingga ia dapat diberikan promosi dalam jenjang karir, dan seterusnya.

Dalam bahasa Indonesia, faedah dapat diartikan sebagai guna, manfaat, atau sesuatu yang menguntungkan (laba). Bahkan, dalam terjemahan Alkitab bahasa inggris (King James), Firman Tuhan di Yesaya 48:17 ini tertulis  “I am the LORD thy God which teacheth thee to profit” – terjemahan lepasnya, Tuhan berkata: Akulah Allahmu yang mengajar engkau untuk bermanfaat (menghasilkan laba).

Tuhan ingin agar kita memiliki hidup yang bermanfaat atau menghasilkan; kehidupan yang berbuah dan berguna. Paulus berkata “Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” (Filipi 1:22a).

Pertanyaannya sekarang, hal apa yang kita kejar hari-hari ini yang dapat menghasilkan laba atau “profit” bagi kehidupan rohani kita? Lebih dalam lagi, apa yang kita kejar hari-hari ini yang dapat menghasilkan bagi kerajaan Allah?

Saat kita bekerja, apakah hanya fokus untuk mencukupi kebutuhan jasmani seperti makanan, pakaian, rumah, entertainment? Saat kita “mengorbankan” uang kita untuk mendapatkan sesuatu, apakah sesuatu itu hanya untuk kepuasan jasmani saja, atau ada motivasi lebih bermanfaat?

Tuhan begitu mengasihi kita, hingga Ia mau mengajar dan menuntun kita untuk memiliki hidup yang bermanfaat, hidup yang berbuah; bukan hidup dalam kesia-siaan, dalam kehampaan, dan sekedar hidup yang biasa-biasa saja. Mari hidup dalam ajaran dan tuntunan Tuhan Yesus, karena Ia sendiri berfirman : “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yoh 10:10). (DM)

Ensample Church | Made with love.
Top